Skip to main content

PANDUAN PRAKTIS SERVIS SENDIRI SETRIKA RUSAK

Rumus sederhana dalam melakukan servis atau perbaikan adalah mengetahui cara kerja dari perangkat yang akan di servis. Setelah mengetahui cara kerjanya, bongkar atau servis sendiri menjadi lebih mudah dan tidak perlu takut. Dengan catatan alat atau perangkat buat experimen adalah milik sendiri. Jadi, kalau tidak betul atau tambah rusak tidak ada yang keberatan karena punya sendiri. 

Mau experimen bongkar atau servis sendiri peralatan sehari-hari, ikuti terus blog ini karena beberapa postingannya membahas hal-hal seperti tadi. Di postingan kali ini akan berbagi cara atau tips memperbaiki setrika rumahan 


Teori Setrika

Sebelum praktek bongkar sendiri setrika kita pelajari dulu teori tentang setrika. Sebuah seterika memiliki komponen utama untuk menghasilkan panas yang disebut heater.

Mengapa setrika bisa panas?
Setrika adalah alat yang merubah energi listrik menjadi energi panas. Energi listrik dimanfaatkan untuk menghidupkan komponen yang disebut Heater. Ketika heater dialiri arus listrik akan menghasilkan panas.

Mengapa setrika tidak panas?
jawabannya adalah kebalikannya diatas,  karena heater setrika tidak mendapat aliran arus listrik atau heater pada setrika rusak atau mati.

Mengapa Panas setrika bisa diatur?
Didalam bagian dalam setrika ada komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu setrika agar mencapai panas yang dikehendaki. Jika sudah melebihi panas yang dikehendaki bagian ini akan memutuskan aliran arus listrik secara otomatis ke bagian heater. Sehingga heater tidak menghasilkan panas, setelah suhu turun melebihi batas yang dikehendaki pengatur suhu otomatis akan menghubungkan kembali aliran listrik yang ke heater.

Bagian-bagian Dari Setrika Listrik Biasa

    • Kabel Setrika, kabel power setrika hampir sama dengan kabel power peralatan lain, hanya saja kabel setrika biasanya di ujung sudah dilengkapi dengan terminal. Ada yang isnya dua kabel ada juga yang tiga kabel. Kalau yang tiga 1 kabel untuk grounding. Kerusakan pada kabel setrika biasanya kabel putus pada bagian dalam. Hal ini terjadi karena saat menyetrika kabel sering ketarik-tarik, kabel sering melipat. Terkadang bagian pangkal meleleh karena saat dipergunakan menyetrika posisi colokan kabel longgar, sehingga timbul panas yang mengakibatkan kabel setrika meleleh. Tips mengganti kabel setrika, setelah penutup kabel disetrika dilepas, sebelum melepas kabel sebaiknya ingat-ingat dulu atau kalau perlu di photo dengan HP koneksi kabel pada setrika.
    Kabel Setrika




    • Fuse, atau biasa disebut sekring merupakan komponen pengaman pada setrika. Tapi tidak semua setrika menggunakan fuse sebagai pengaman. Jika sekring putus atau mati maka setrika pun akan mati total dan tidak panas sama sekali. Ketika setrika mati total, cek kondisi kabel dan sekring pada setrika. Jika kabel bagus, cek sekring
    Contoh Sekring Setrika

    • Pengatur Suhu, bagian berfungsi untuk mengatur panas pada setrika. Suhu setrika diatur dengan memutar ke kanan atau ke kiri pengatur suhu ini. Prinsip kerja pengontrol suhu pada setrika menggunakan cara kerja bimetal. Pengontrol suhu berfungsi seprti switch atau saklar yang menguhubngkan dan memutuskan arus listrik ke bagian heater setrika. Ketika suhu setrika dibawah ambang batas (normal), logam pada pengontrol suhu belum memuai, arus listrik terhubung ke heater setrika, lampu indikator setrika menyala. Ketika suhu melebihi ambang batas (terlalu panas) logam pada pengontrol suhu memuai (melengkung), arus listrik terputus ke heater setrika, lampu indikator setrika padam. Ketika suhu kembali normal, logam pada pengotrol suhu akan kembali lurus, dan arus listrik kembali terhubung ke bagian heater setrika. Proses ini berulang-ulang selama setrika dipergunakan. Kerusakan bagian pengontrol suhu bisa juga menyebabkan setrika mati total. Akibat sering terkena panas, pengontrol suhu biasanya menjadi korosi. Kalau belum parah kerusakan bagian ini bisa diperbaiki dengan cara mengampelas bagian yang berkarat agar bisa menghubingkan kembali arus listrik.


    • Heater Setrika, bagian pemanas setrika merupakan komponen utama penghasil suhu panas pada setrika. Ketika bagian ini mendapatkan arus listrik akan menghasilkan panas. Bagian ini bermasalah akan mengakibatkan setrika menjadi dingin, hangat (panas tapi tidak maksimal) padahal indikator lampu setrika menyala. Kalau bagian ini bermasalah atau rusak pertanda sobat harus ganti setrika, beli setrika baru.

    komponen pentng dalam setrika
    Penampakan bagian dalam setrika

    Demikian bagian-bagian dari setrika yang sering dipergunakan di rumah. Mudah-mudahan dengan mengenal bagian-bagian dari setrika bisa membantu dalam memperbaiki setrika rumah yang rusak. Kalau setrika rumah rusak mati total cek atau urut perbaikan mulai dari kabel, sekring, pengontrol suhu baru heater. kalau heater biasanya jarang rusak, kalau sudah lama biasanya kurang panas saja.

    Semoga bermanfaat...selamat ngoprek !

    Comments

    Other Post

    Otomatis Pompa Air Bermasalah Toren Banjir Atau Pompa Air Tidak Hidup

    Masalah yang sering terjadi jika sistem otomatis pompa air ngadat adalah toren menjadi luber atau banjir. Atau juga toren menjadi kosong karena pompa air tidak On otomatis. Ngomong-ngomong ada yang belum tahu toren? Toren itu ya, tangki air. Koq namanya jadi Toren / Torn sih? Istilah Toren sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti tower. Mungkin dulu orang Belanda sering menyimpan tandon air atau tangki air cadangan di atas tower. Oleh orang kita disangkanya Toren itu adalah tangki air. Sehingga istilah toren untuk nama tangki air diwariskan hingga sekarang ini.

    Kembali ke laptop...

    Sistem otomatis yang diterapkan pada pompa air bisa bermacam-macam. Ada yang menggunakan tekanan udara, pelampung dan elektronik. Kali ini calaku akan membahas tentang cara kerja sistem otomatis pompa air dalam rumah tangga yang menggunakan sistem pelampung yang disimpan di dalam toren air. Harapannya semoga membantu sobat untuk mendapatkan solusi jika sistem otomatis pompa air bermasalah.

    Cara Kerj…

    Servis Sendiri Kipas angin Miyako tjr-101

    Bisa memperbaiki kipas angin sendiri tanpa dibawa ke tukang servis bagi kita yang awam adalah kepuasan tersendiri. Dengan hanya berbekal sedikit keberanian dan ilmu dari browsing di mbah google dengan kata kunci servis kipas angin , kipas angin pun dibongkar. Terkadang browsing nyasar kemana-mana, dapat website atau situs yang hanya nembak kata kunci, isi artikelnya kurang memuaskan atau tidak sesuai dengan tujuan yang dicari. Dan ketika dapat artikel yang sesuai, saat di praktekan belum berhasil. Hal ini wajar karena dalam servis perangkat elektronik GEJALA KERUSAKAN yang sama BELUM tentu solusinya sama. Oleh karena itu ketika kipas angin berhasil di hidupkan kembali PUAS dan Senang bukan main.

    Kalau sobat nyasar mampir ke blog ini karena mencari cara servis kipas angin remote miyako tjr-101, jangan back atau di close, sempatkan membaca sampai akhir artikel, karena postingan kali ini calaku membahas tetang berbagai problem atau kerusakan kipas angin Miyako merek ini.
    Skema Rangkaian …

    Schematic IC Vertikal TV LA78040

    IC  LA78040 adalah IC vertikal yang sering dipergunakan oleh beberapa merek TV di pasar tanah air. IC vertikal biasa dipergunakan untuk TV Tabung atau TV CRT ukuran kecil dan menengah. Kerusakan atau problem pada IC vertikal pada TV CRT bisa mengakibatkan gambar TV hanya terlihat putih horizontal saja. Bahkan untuk TV-TV CRT keluaran akhir yang telah menggunakan system protect bisa jadi TV tidak bisa start sama sekali atau bisa start kemudian kembali standby dengan indikator led berkedip-kedip tanda system protect aktif.


    Sebuah blok atau modul dalam rangkaian TV atau alat elektronik lainnya, problem pada blok tertentu bisa karena komponen utama misal IC atau komponen-komponen pendukung pada IC tersebut.


    Oleh karena itu untuk memudahkan dalam perbaikan, mengetahui data schematic IC dan data-data komponen pendukung bisa membantu solve problem lebih cepat.

    Dari gambar scematic IC LA78040 diatas selain block diagram tertera juga data komponen-komponen pendukung. Ini membantu sekali jika s…

    Schematic IC Vertikal TV Sharp TDA8357

    Dalam dunia teknisi perbaikan pertelevision, TV Sharp oleh tukang service dijuluki sebagai "Raja Protect". Mungkin karena system protect yang diterapkan Sharp terhadap produk TV yang dikeluarkan khususnya model-model TV terbaru cukup ampuh dan sedikit merepotkan bagi kalangan teknisi yang belum update info cara perbaikan TV Sharp. Salah satu protect TV Sharp diterapkan kepada block Vertikal. Dimana beberapa type TV Sharp yang beredar di pasar tanah air menggunakan IC Vertikal TD8357.

    Data Sheet IC Vertikal Untuk TV Sharp TDA8357  Data Pin IC Vertikal TV Sharp TDA8357

    Dengan mengetahui data sheet schema sebuah IC membantu teknis dalam memperbaiki sebuah block diagram electronic seperti block TV bagian vertikal TV Sharp ini. Apalgi jika ada component yang gosong atau meletus dimana sudah tidak terabaca lagi nilai atau kode komponennya, Schema atau data sheet component tersebut sangat membantu.

    SERVIS MESIN CUCI 1 TABUNG Lebih Mudah Dengan Memahami Circuit Diagram Modul Universal Mesin Cuci

    Salah satu kerusakan dari mesin cuci satu tabung atau mesin cuci digital adalah kerusakan pada modul controler atau modul panel. Dimana dibagian modul controler ini semua system pada mesin cuci satu tabung dikontrol. Jika modul panel mengalami kerusakan maka beberapa fungsi pada mesin cuci tidak berfungsi bahkan pada kerusakan yang fatal bisa mengakibatkan mesin cuci sama sekali tidak "On". Jika kondisi sudah seperti ini sudah harus dibawa ke tempat servis atau memanggil teknisi ke rumah.

    Tukang service akan cek dan memastikan bahwa kerusakan betul terjadi pada bagian modul panel atau Circuit Controler. Jika sudah yakin kerusakan terjadi pada bagian modul panel, tukang servis akan menawarkan solusi perbaikan dengan tiga plihan yaitu
    Mengganti dengan modul panel controler yang baru sesuai merek mesin cuci, biasanya harga modul controller bawaan yang sama de gan merek mesin cuci harganya reltif mahal. Kelebihannya dalam pemasangan lebih mudah dan dijamin akan sesuai tanpa haris…